Ziarah Makam Warnai Lebaran Topat di Lombok Barat

0
394
Bupati Lombok Barat beserta istri saat berziarah Makam di Batulayar, Minggu (2/7)

Lombok Barat – Ziarah makam, atau berwisata ke tempat-tempat suci, merupakan suatu bentuk perjalanan khusus unik dan menarik. Tidak jarang, wisata yang satu ini sering disebut wisata pylgrim atau wisata ziarah. Di Lobar, ziarah makam ini merupakan perpaduan dan rangkaian dari prosesi lebaran syawal. Dimana masyarakat Lombok pada umumnya menyebutnya dengan Lebaran Ketupat atau Lebaran Nine (perempuan), yakni sepekan setelah Lebaran Idul Fitri atau Lebaran Mame (laki-laki).

Salah satu prosesi utama dari kegiatan lebaran nine di Lombok Barat, masyarakat tua muda dari anak – anak hingga orang dewasa berbondong-bondong mengunjungi Makam batu Layar pada Minggu (2/7). Tiada lain hanya untuk berdoa memanjatkan puji – pujian kepada Allah swt. Masyarakat meyakini, dengan berziarah ke makam para wali agama, doa yang dipanjatkan akan terkabul. Utamanya doa – doa untuk keberkahan dan kelancaran bisnis juga jodoh.

Karenanya bagi pemerintah kabupaten Lobar melalui Dinas Pariwisata, prosesi ini digelar dengan suasana khidmad. Sebagaimana tradisi yang sudah turun temurun,Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid bersama rombongan, diarak menggunakan cidomo (angkutan tradisional semacam andong) yang dihias bergerak dari titik kumpul kantor camat Batu Layar menuju Makam. Kedatangannya pun disambut dengan lantunan ayat suci Al – Quran yang diiringi musik rebana.

Acara dirangkaikan dengan bacaan-bacaan barzanji, zikir dan doa yang kemudian dilanjutkan dengan ‘seraup’ (cuci muka) dengan air yang sudah disiapkan. Konon, air yang diusapkan di wajah, diambil dari Sumur Mas yang lokasinya tidak jauh dari makam. Air tersebut diyakini dapat mensucikan dan membuat keinginan dari orang yang menggunakannya untuk mencuci muka meraih kejayaan.

“Jika ada noda atau salah dalam kehidupan sehari-hari, maka segeralah bernazar untuk mensucikan diri,” ucap singkat Sang Juru kunci Makam Batu Layar Herman.

aNd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here