Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Melalui Wasbang

0
17

Sumbawa – Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, Babinsa Rhee Koramil 1607-09/Utan Rhee Serka Sanudin memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di SMP Negeri 2 Satap Desa Rhee Kecamatan Rhee Kabupaten Sumbawa, Senin (15/4).

Pemberian wawasan kebangsaan yang diikuti seluruh siswa siswi SMPN 2 Satap didampingi Kepala Sekolah Arahman, S.Pd., beserta para guru-guru berlangsung antusias dengan ditandai ikat kepala merah putih para siswa.

Danramil 1607-09/Utan Rhee Kapten Inf Robert P menyampaikan Wasbang ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada para siswa sejak usia dini sehingga memiliki rasa kecintaan dan kebanggaanterhadap bangsa dan negara.

“Kebanggaan dan kecintaan kepada bangsa dan negara ini akan melahirkan jiwa nasionalisme dan patriotisme anak bangsa sehingga akan rela berkorban untuk membela kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan,” tegasnya.

Selain itu, sambung Robert, kegiatan seperti ini juga akan menumbuhkan kebersamaan dan kedekatan antara TNI jajaran Kodim Sumbawa dengan masyarakat.

Sementara Dandim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., menyampaikan keberadaan Babinsa ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan pembinaan dan membantu memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang dihadapi.

Menurutnya, setiap anak bangsa mulai dari yang muda hingga tua harus memiliki wawasan kebangsaan sehingga jiwa nasionalisme dan patriotisme tidak tergerus oleh perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat.

“Kodim sebagai satuan kewilayahan harus mempu menciptakan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang masyarakat di wilayah binaan sehingga kapanpun dibutuhkan bangsa dan negara siap untuk berkorban,” terangnya.

Dijelaskannya, dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara sebagai turunan dari Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 bahwa setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama yaitu hak untuk ikut serta dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.

“Artinya bahwa setiap warga negara diharuskan supaya bisa turut serta dalam usaha mempertahanan negara dari gangguan ancaman baik itu dari luar maupun dari dalam negeri,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 2 Satap Arahman dalam sambutannya menyampaikan selaku kepala sekolah sangat mendukung upaya Koramil melalui Babinsa untuk memberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsan dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi siswa-siswinya. “Kita berharap selain menumbuhkan semangat kebangsaan yang tercermin dari pola pikir dan tingkah laku anak-anak khususnya dalam meningkatkan minat belajar, juga yang tidak kalah penting yakni meningkatnya kedisiplinan para siswa dalam segala hal karena itu merupakan modal utama untuk meraih kesuksesan,” tutup Arahman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here