Solidaritas Petani Tembakau Nasional Bantu Percepatan Lombok Bangkit

0
76
Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia wilayah NTB

Lombok – Di Indonesia tembakau yang baik (secara komersial) hanya dihasilkan di daerah-daerah tertentu. Beberapa daerah produsen penghasil utama tembakau Virginia lokal adalah Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Jawa Timur. Karena tembakau Virginia lokal memiliki peran terhadap perekonomian daerah dan juga Indonesia, misalnya sebagai salah satu sumber penerimaan negara dari cukai rokok, maka kelangsungan produksi tembakau Virginia lokal perlu diperhatikan.

Soeseno Ketua Umum Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), tembakau Virginia Lombok ternyata lebih efisien bila digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri atau substitusi impor dari pada diekspor.

Usaha tani tembakau virginia banyak diusahakan di Kabupaten Lombok Timur dan sebagian besar pada lahan sawah irigasi teknis dan semi teknis. Besarnya minat masyarakat mengusahakan tembakau virginia kemungkinan dipicu oleh besarnya insentif ekonomi yang diterima petani.

Potensi Petani Lombok Virginia seluas 58.515 HA yang terbagi di Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Dengan luas lahan tersebut produksi tembakau virginia di NTB sebesar 39.586,91 ton (Berdasarkan data ASEM 2016).

Disela acara Peringatan Hari Petani Tembakau Se-Dunia (World Tobacco Growers Day 2018), Soeseno menyampaikan bahwa peranan Tembakau Virginia Lombok sangat starategis yaitu sebagai pemasok bahan baku Industri rokok (90%).

Peringatan Hari Petani Tembakau Se-Dunia 2018 mengambil tema Solidaritas Petani Tembakau Untuk Lombok Bangkit. Gempa Bumi Lombok menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) memprediksi kerusakan dan kerugian mencapai Rp 7,45 triliun. Namun, data terakhir menunjukkan kerugian sementara mencapai Rp 8,8 triliun.

Kondisi petani tembakau di Lombok sedang panik, di karenakan memasuki musim panen dan ribuan bangunan oven (pengeringan) daun tembakau terdampak gempa. Dengan dampak gempa bumi dikhawatirkan mempengaruhi rendahnya kwalitas krosok tembakau yang di hasilkan.

Data yang diperoleh APTI, di Kabupaten Lombok Timur ada 150 rumah oven yang rusak, maka pada peringatan World Tobacco Growers Day tahun ini diwujudkan dalam perbaikan rumah oven tembakau di beberapa lokasi yang ada di Lombok Timur, jelas Soeseno.

Sebagai bentuk empati serta solidaritas, acara ini juga dihadiri beberapa perwakilan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APTI dari Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Madura.

aNd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here