Sekilas Tentang Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar Cabang Indonesia

0
62
Foto anggota Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar di Islamic Center Provinsi NTB.

MATARAM – Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia  saat ini dipimpin oleh Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. dibantu oleh wakilnya; TGB. Dr. Zainul Majdi dan Prof. Dr. Huzaemah Tahido Yanggo dan Sekjend: Dr. Muchlis M. Hanafi.

OIAA Cabang Indonesia merupakan salah satu cabang resmi dari the World Organization for al-Azhar Graduates (WOAG) di Cairo. Kegiatan besar OIAA Indonesia sendiri diantaranya adalah menjadi perpanjangan tangan Al-Azhar dalam menyebarkan dan meluruskan ajaran Islam yang Moderat di Indonesia.

Oleh sebab itu OIAA memiliki agenda besar seperti bekerjasama dengan lembaga-lembaga swasta dan negara guna menanggulangi segala bentuk radikalisme dan radikalisasi atas nama agama, begitupun kepada mereka yang menganut liberalisme.

Ajaran Islam yang disampaikan oleh Al-Azhar kepada alumni-alumninya adalah Islam yang tawasuth, Islam yang ramah, bukan sebaliknya.

Kegiatan real yang dilakukan diantaranya yaitu Multaqa Nasional dan Internasional secara berkala, bekerjasama dalam hal Deradikalisasi, penerbitan buku dan media lainnya untuk menyebarkan moderasi Islam, Penyelenggaraan Short Course dosen PTAIN Indonesia ke Timur Tengah, Tim Ahli Seleksi masuk Universitas Al-Azhar, dan Lembaga resmi yang ditunjuk Al-Azhar untuk melakukan pendaftaran universitas di Indonesia.

Tugas OIAA selanjutnya adalah sebagai wadah silaturahmi dan pusat informasi bagi alumni Al-Azhar yang berada di Indonesia.

iNu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here