Program Kader Siaga FIDDIN, Ciptakan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat Terdidik Lotim

0
27
Cabup Lotim, Syamsul Luthfi menyapa warga

Lombok Timur – Data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) terkait tingginya angka pengangguran menjadi perhatian serius pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Lombok Timur, Syamsul Luthfi dan Najamuddin Moestafa. Terlebih tercatat angka pengangguran di Lombok Timur mencapai 20 ribu orang, yang diprediksi belum sepenuhnya tersentuh program pemberdayaan pemerintah. Akibatnya, dalam satu dekade terakhir jumlah TKI Lotim menyentuh angka hingga 25 ribu bahkan lebih per tahunnya. Data yang dihimpun pada tahun 2017 lalu jumlah TKI asal Lotim berada pada angka sekitar 15.000 orang.

Syamsul Luthfi saat ditemui pada Rabu (6/6), menilai persoalan pengangguran merupakan hal krusial yang perlu mendapat atensi serius. Karena bagaimana pun, semakin banyak pengangguran menandakan pemerintah telah gagal mensejahterakan masyarakatnya. “Masalah yang paling ke dasar selama ini adalah masih minimnya lapangan pekerjaan dan banyaknya masalah lain,” kata Lutfhi.

Oleh karena itu kata Luthfi, atas izin Allah SWT pasangan nomor urut empat FIDDIN apabila diberikan amanah oleh masyarakat Lombok Timur, maka pihaknya akan memprogramkan program pengentasan pengangguran melalui program “Kader Siaga”.

Program ini lanjut Luthfi, didasari oleh keberadaan para sarjana di Lombok Timur dari berbagai perguruan tinggi yang mencapai ribuan orang tiap tahun. Jumlah itu dinilai sangat potensial untuk meningkatkan pembangunan, jika saja pemerintah daerah memanfaatkan dengan maksimal.

“Kita tahu bahwa setiap tahun lulusan perguruan tinggi dari Lotim cukup tinggi jumlahnya ribuan tiap tahun,” katanya.

Bagi Luthfi, Program Kader Siaga ini merupakan salah satu solusi untuk berdayakan potensi para lulusan sarjana tersebut. Karena kedepan pihaknya jika terpilih, akan menugaskan kepada mereka-mereka untuk menjadi konsultan dan dinamisator pengawas pelaksanaan program yang ada di tiap Desa di Lombok Timur.

Pemanfaatan potensi para sarjana sebagai kaum cerdik dan terdidik di tengah masyarakat, akan mampu menyerap banyak lapangan pekerjaan. Di satu sisi dapat mengoptimalkan kinerja dan pelaksanaan program pemerintah. Termasuk memastikan program pemerintah berlangsung dengan baik dan tepat sasaran.

“Oleh karena itu marilah bergegas melalui program Kader Siaga ini pilihan pada nomor ‘4’ agar Lotim menjadi sejahtera di masa-masa mendatang,” pungkas Luthfi.

aNd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here