Pelayanan Medis PMI Jangkau Pelosok Titik Gempa

0
31
Petugas Medis PMI saat memberikan bantuan langsung di tenda pengungsian korban gempa

Lombok Utara – Palang Merah Indonesia (PMI) aktif pada misi kemanusiaan korban bencana gempa Lombok, dengan memberikan pelayanan kesehatan pada 4 Kecamatan di Lombok Utara dan sekitarnya. Di Kecamatan Pemenang, Kecamatan Santong, Kecamatan Bayan dan juga Kecamatan Gangga, relawan PMI diperbantukan sebagai tenaga medis yang terus bergerak dari satu titik ke titik yang lain, menyasar para korban bencana yang masih tertahan di tenda – tenda pengungsian mandiri.

Peran PMI pun diapresiasi oleh warga korban bencana. Lamiyah (47th), warga Dusun Klongkong, Desa Sambi Bakol Kecamatan Gangga Lombok Utara mengucap puji syukur atas misi kemanusiaan dari PMI.

“Semenjak gempa terjadi, belum ada orang yang menolong kami. Hanya lewat-lewat saja tanpa menengok kesini,” katanya lirih.

Wanita yang juga berperan sebagai ibu Kades ini juga menuturkan bahwa pasca gempa susulan kemarin, banyak warganya yang masih dalam trauma mendalam. Karenanya dengan kedatangan relawan PMI, seluruh warga korban setempat merasa nyaman dan diperhatikan. “Salah satu anak saya setelah gempa terjadi, berubah menjadi pendiam. Tak mau berbicara satu patah kata pun. Tapi masih kami coba ajak bicara biar bisa mengurangi traumanya.” tuturnya.

Sementara itu, pihak medis Rumah Sakit PMI dr Bhakti yang ikut memberikan pelayanan menuturkan, jika sejauh ini banyak sekali warga korban gempa yang mengeluh sakit selama di pengungsian. Menurut data, sebagian besar warga korban gempa kini mengalami ispa, diare, luka-luka di kaki, tangan, wajah karena benturan, hingga gatal-gatal.

“Hari ini kami telah mengobati 70 warga desa Sambi Bakol, dusun klongkong. Besok kami akan sisir kembali lokasi lain yang masih membutuhkan pelayanan kesehatan,” singkatnya.

aNd-PMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here