Lomba Bercerita, Tingkatkan Minat Baca Jelang Peringatan Hut Lobar ke 60

0
59
Salah seorang peserta lomba bercerita Lombok Barat

Lombok Barat – Sedikitnya ada 17 anak tingkat SLTP se-Kabupaten Lombok Barat unjuk diri dalam kepiawaian bercerita. Mereka dengan bersemangat menuturkan aneka kisah anak-anak yang telah lama populer di kalangan anak-anak Indonesia. Mulai dari Kisah Malin Kundang, Kisah Dewi Anjani, Kisah Batu Menangis, Bandung Bondowoso, hingga sejarah tentang Asal Usul Nama Pulau Lombok menjadi materi andalan dalam Lomba Bercerita, yang digelar Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) Kabupaten Lombok Barat pada Selasa (13/3).

Lomba ini adalah salah satu dari sepuluh mata lomba yang digelar sejak 12 Maret sampai dengan tanggal 5 April 2018, di Pelataran Halaman Kantor Giri Menang Square. Aneka lomba itupun dihajadkan sebagai rangkaian persiapan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kab. Lobar yang ke 60. Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan H. Maksum mengatakan, aneka lomba ini diselenggarakan tidak lepas dari Rencana Strategis Dinas untuk ikut mencerdaskan masyarakat Lobar.

“Tujuan pokok semua kegiatan kita adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat, kunjungan ke Perpustakaan Daerah, dan mewujudkan perpustakaan sebagai sumber belajar,” terang Maksum.

Sekretaris Disarpusda Banu Harly pun memaparkan dampak lomba-lomba ini terhadap angka kunjungan ke Perpusda yang semakin tahun meningkat. “Kita punya dua unit mobil yang rutin turun empat hari dalam seminggu dan memberi akses kunjungan sebanyak 100 orang per kali turun,” ujarnya.

Lomba Bercerita tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiyah ini diikuti oleh 17 orang siswa-siswi perwakilan dari tiap – tiap sekolah. Gelaran lomba kali ini pun sekaligus menjadi seleksi Lomba serupa di tingkat Provinsi dan Nasional pada ulan Mei dan Juli mendatang.

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Lobar yang ke 60, selain mata Lomba Bercerita, Disarpusda Lobar juga menyelenggarakan Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Puisi, Lomba Menulis Cerita, Lomba Mading, Lomba Mewarnai, Lomba Perputakaan Sekolah dan Desa, Lomba Teruna Dedare Duta Buku, Lomba Paduan Suara, dan Lomba Senam Berirama dan Kreasi Artistik.

“Bagi yang berminat mengikuti mata lomba, masih bisa mendaftar untuk beberapa mata lomba yang belum technical meeting,” pungkasnya.

aNd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here