Lebih dari 100 Ribu Orang di Lombok Barat, Belum Memiliki e-KTP

0
35
Perekaman E-KTP Massal Lombok Barat, Kamis (13/7)

Lombok Barat – Percepat perekaman Elektronik KTP, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat gelar rapat koordinasi bersama sejumlah stakeholder. Diantaranya perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), Parisada Hindu Dharma, pihak Kementerian Agama, Ketua Forum Kepala Desa serta para tokoh masyarakat dan agama di Lombok Barat. Dalam Rakor yang digelar di Kantor Bupati pada Selasa (10/10) ini, seluruh stakeholder diharapkan dapat menjadi penyambung sosialisasi ditengah masyarakat, untuk segera melengkapi dokumen atau identitas dirinya dikantor Dukcapil terdekat.

“Kehadiran para stakeholder diharapkan dapat membantu Disdukcapil menghimbau masyarakat untuk melakukan perekaman. Target dari Mendagri, Desember perekaman e-KTP harus sudah tuntas,” kata Kepala Disdukcapil Lobar, H. Muridun.

Muridun menyebutkan jika selama ini, pihaknya sudah melakukan berbagai cara untuk percepatan. Termasuk melalui langkah sosialisasi ke pelosok – pelosok desa. “Kita lakukan perekaman diberbagai tempat. Mulai dari layanan perekaman di kantor Disdukcapil, di kecamatan-kecamatan, jemput bola keliling desa mulai Senin sampai Kamis. Kita juga mobile keliling-keliling ke tempat ramai hingga menyasar daerah terpencil,” ujarnya.

Disdukcapil Kabupaten Lombok Barat mencatat, hingga September 2017 ini 432.303 jiwa atau 82 persen dari 520.092 wajib KTP di Lombok Barat sudah melakukan perekaman dan sudah memiliki KTP elektronik. Dengan rincian sebanyak 426.446 terdata sudah melakukan perekaman saja, sedangkan 32.117 jiwa sudah direkam namun belum mendapat KTP asli dan 93.646 jiwa masih belum melakukan perekaman.

Dalam Anggaran Perubahan, Disdukcapil juga sudah mengusulkan penambahan alat perekaman. Dirinya berharap usulannya dapat disetujui sehingga mampu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

aNd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here