KNPI NTB Sinergikan Duta Pemilih Cerdas Ciptakan Pilkada Berkualitas

0
40
Deklarasi KNPI NTB bersama KPU, Bawaslu dan Kadispora

MATARAM – Suarakan aspirasi menjadi pemilih cerdas, ratusan pemuda dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) NTB berdeklarasi pada Senin (14/5). Kegiatan bertemakan “Gerakan Pemilih Cerdas” ini, menurut Ketua KNPI NTB Hamdan Kasim, merupakan upaya dini untuk mencegah Golput atau tak mendatangi tempat pemungutan suara pada 27 Juni nanti. Gerakan ini juga merupakan langkah nyata untuk mengajak masyarakat khususnya para pemuda pemilih pemula supaya memilih calon pemimpin dengan cerdas demi masa depan NTB 5 tahun kedepan yang lebih baik.

Bahkan gerakan ini tidak hanya akan di suarakan melalui Deklarasi semata, melainkan pihaknya juga akan melakukan kampanye sosialisasi kepada masyarakat luas. Baik di sekolah, kampus, bahkan akan turun kejalan untuk bersosialisasi agar masyarakat menjadi pemilih cerdas dan tidak Golput.

“Ini adalah bentuk partisipasi KNPI terhadap Pilkada 2018 ini, kita tau sendiri bahwa NTB merupakan zona yang saya kira rawan gejolak termasuk rawan akan Golput. Sehingga kami akan kampanyekan kesekolah-sekolah, ke kampus-kampus bahkan kami akan berkeliling untuk mengkampanyekan kepada masyarakat untuk memilih dengan cerdas,” ungkap Hamdan.

Upaya ini menurut Hamdan, juga merupakan wujud kepedulian dari KNPI NTB untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas. Terwujudnya Pilkada yang berkualitas tentu menurutnya akan menghasilkan pemimpin yang mampu menyongsong pembangunan dan kesejahteraan bagi rakyat.

“Kami harap masyarakat memilih dengan hati dan nurani tidak dengan iming-imingan uang atau sebagainya. Jadi kami dorong supaya masyarakat menjadi pemilih cerdas, sehingga menghasilkan pilkada yang berkualitas,” katanya.

Bentuk perhatian dari Gerakan Pemilih Cerdas ini, diakui Hamdan tertuju pada para pemilih pemula di NTB, yang terdata berjumlah sekitar seperempat dari total DPT. Karenanya dalam kesempatan ini juga, KNPI NTB menobatkan 5 orang pemuda remaja, yang disiapkan untuk turun ke daerah dalam rangka memberikan sosialisasi dan pemahaman masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas. “Peran dari Duta Pemilih Cerdas ini nanti akan melanjutkan komitmen kita untuk menciptakan pemilih yang cerdas. Akan kami bawa ke tingkat daerah, sekolah, kampus dan memberikan semacam edukasi Pilkada bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain berdeklarasi untuk Gerakan Pemilih Cerdas, dalam kesempatan ini juga ratusan anggota KNPI NTB juga menyatakan sikap dan bentuk kedukaan terhadap insiden ledakan bom yang terjadi di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

“Beberapa poin pernyataan sikap telah kami sampaikan terkait kecaman bagi pelaku bom bunuh diri di Surabaya dan sekitarnya. Kami mendukung aparatur penegak hukum, TNI dan Polri untuk melakukan tindak tegas dan segera mengusut tuntas gembong teroris yang meresahkan seluruh warga masyarakat,” tegas Hamdan.

aNd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here