Gelaran 2 Event Internasional NTB, Kembali di Percayakan Pada Fauzan

0
271
Fauzan Zakaria Ketua APII NTB

Mataram – Asosiasi Periwisata Islam Indonesia kembali dipercaya memegang kendali terhadap penyelenggaraan event bertaraf internasional oleh Pemda Provinsi Nusa Tenggara Barat. Even kelas dunia ini akan dimulai menjelang Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah, bertajuk Pesona Khasanah Ramadhan 2018. Gelaran bernuansa islam yang kental dengan hiburan dan wisata religinya, Pesona Khasanah Ramadhan tahun ini, akan melibatkan sejumlah Negara islam untuk datang memeriahkan di pulau seribu masjid.

Pesona Khazanah Ramadhan ke-2, akan dihadiri para imam besar dari Negara Timur Tengah, yaitu Mesir, Maroko dan juga Yordania. Para imam besar dunia ini, akan mengimami sholat tarawih berjamaah di Masjid Hubbul Wathan – Islamic Center Mataram, sekaligus mengimami sholat Idul Fitri. Pemerintah daerah Provinsi NTB optimis, dengan menunjuk Fauzan Zakaria Ketua APII NTB sebagai penanggungjawab, agenda besar NTB ini akan mampu terlaksana dengan baik.

“Kami ingin menghadirkan sensasi bulan suci Ramadhan serasa di Makkkah Al Mukarromah dengan menghadirkan imam-imam besar dari tiga negara. Secara tidak langsung kami juga mengundang ummat muslim di seluruh nusantara untuk hadir di Lombok selama Ramadhan nanti,” papar Fauzan Zakaria, saat ditemui usai meninjau venue perhelatan Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center pada sabtu (21/4).

Selain imam besar dari tiga Negara itu, Fauzan Zakaria juga pasalnya akan mengundang Ustadz Abdul Somad (UAS), sebagai salah satu penceramah dalam rangkaian kegiatan Pesona Khasanah Ramadhan bersama para ulama lainnya. Ustadz yang populer dengan sebutan Ustadz Sosmed itu, diagendakan menjadi penceramah saat malam peringatan Nudzulul Qur’an, yang dikemas dengan Tablik Akbar. Tidak hanya Ustadz Somad, sejumlah Qori’ internasional juga akan dihadirkan untuk mengisi pengajian.

“Kami ingin memberi nuansa berbeda untuk agenda Pesona Khazanah Ramadhan kali ini agar berbeda dengan tahun lalu. Kami ingin menghadirkan lebih banyak tamu dan ulama, agar di bulan Ramadhan nanti, tidak ada istilah low season untuk pariwisata Lombok Sumbawa,” tegasnya.

Agenda Pesona Khazanah Ramadhan juga akan diramaikan dengan kegiatan tambahan berupa bazaar, pameran buku dan berbagai prodak khas Lombok Sumbawa. Ada juga bazar paket wisata dengan melibatkan pelaku asosiasi yang ada di NTB dan nusantara. “Semaksimal mungkin kami akan berusaha agar gaung Pesona Khazanah Ramadhan ini bisa lebih dikenal secara internasional. Dampak yang paling penting adalah pesona khazanah ramadhan mampu memberikan dampak spiritualitas yang menjadi ciri wisata halal Lombok Sumbawa,” imbuhnya.

Agenda penting lain, yang akan dihelat pasca agenda Pesona Khazanah Ramadhan adalah Konferensi Ulama Internasional. Konfrensi lintas ulama dunia ini akan menghadirkan 1000 ulama dan juga cendikiawan dari 32 negara. Sejauh ini menurut Fauzan, perwakilan dari 22 Negara yang pernah datang tahun lalu, telah menyatakan kesiapannya untuk hadir dalam perhelatan akbar itu.

“Momen ini kami akan manfaatkan maksimal untuk mempromosikan wisata halal yang akan menjadi penyangga utama dunia priwisata Lombok Sumbawa. Wisata konvensional sudah berjalan dengan baik, tanpa melupakan peran promosi untuk wisata konvensional kami juga ingin mendorong wisata halal berkembang dan harapan kami Lombok mampu menjadi kiblat wisata halal dunia,” pungkas Fauzan.

aNd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here